RANGKUMAN CISCO CCNA CHAPTER 1
Rangkuman Cisco CCNA Chapter 1
A . Terhubung Secara Global
Jaringan Saat Ini
Jaringan dalam Kehidupan Sehari-hari Kita
Dalam
dunia sekarang ini, melalui jaringan, kita terhubung tidak seperti sebelumnya.
Orang dengan ide-ide dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain
untuk membuat ide-ide menjadi barang bekas. acara berita dan penemuan yang
dikenal di seluruh dunia dalam hitungan detik. Individu bahkan dapat terhubung
dan bermain game dengan teman-teman yang lama oleh lautan dan benua.
1. Teknologi Dulu dan Sekarang
Bayangkan
dunia tanpa internet. Tidak ada lagi Google, YouTube, pesan instan, Facebook,
Wikipedia, game online, Netflix, iTunes, dan akses mudah ke informasi saat ini.
Itu adalah dunia yang kita hidup hanya dalam 15 sampai 20 tahun yang lalu.
Komunitas
Global
Internet
telah mengubah cara interaksi sosial, komersial, politik, dan pribadi terjadi.
Sifat langsung dari komunikasi melalui Internet mendorong terciptanya
masyarakat global. masyarakat global yang mendukung interaksi sosial yang
independen dari lokasi atau zona waktu. Penciptaan komunitas online untuk
pertukaran ide dan informasi memiliki potensi untuk meningkatkan peluang
produktivitas di seluruh dunia
2. Jaringan Mendukung Cara Kita Belajar
Jaringan
telah mengubah cara kita belajar. jaringan kuat dan dapat diandalkan mendukung
dan memperkaya belajar siswa pengalaman. Mereka menyampaikan materi
pembelajaran dalam berbagai format termasuk kegiatan interaktif, umpan, dan
umpan balik. jaringan sekarang:
·
Mendukung terciptanya kelas virtual
·
Menyediakan video sesuai permintaan
·
Pekerjaan ruang pembelajaran kolaboratif
3. Jaringan Mendukung Cara Kita
Berkomunikasi
Mengubah
cara kita berkomunikasi. Globalisasi internet telah diantar dalam bentuk-bentuk
baru komunikasi yang memberdayakan individu untuk membuat informasi yang dapat
diakses oleh khalayak global.
Beberapa
bentuk komunikasi termasuk:
·
Instant Messaging (IM) / Texting - IM dan SMS yang mendukung komunikasi instan antara
dua atau lebih orang.
·
Media Sosial - Media sosial terdiri dari situs interaktif di mana orang-orang
dan masyarakat membuat dan berbagi konten yang dibuat pengguna dengan
teman-teman, keluarga, teman sebaya, dan dunia.
·
Alat Kolaborasi - alat kolaborasi yang memberi orang kesempatan untuk bekerja
sama dalam dokumen bersama.
·
Weblog (blog) - weblog adalah halaman web yang mudah untuk memperbarui dan
mengedit.
4. Jaringan Mendukung Cara Kami Bekerja
Dalam
bisnis dunia, data jaringan awalnya digunakan oleh perusahaan untuk merekam
internal dan merekam informasi keuangan, informasi pelanggan, dan sistem
penggajian karyawan. jaringan bisnis berkembang untuk mendukung transmisi berbagai
jenis layanan informasi, termasuk email, video, pesan, dan telepon.
5. Jaringan Mendukung Cara Kami Bermain
Jaringan
mendukung terciptanya bentuk-bentuk baru hiburan, seperti game online. Pemain
pertandingan dalam setiap jenis kompetisi yang desainer game online bisa
membayangkan. Kami bersaing dengan teman-teman dan musuh di seluruh dunia
dengan cara yang seolah-olah mereka olah mereka berada di ruangan yang sama.
6. Alat Kolaborasi Jaringan Lab-Reseaching
Pada
lab ini, Anda akan menyelesaikan tujuan sebagai berikut:
·
Bagian 1: Gunakan Alat Kolaborasi
·
Bagian 2: Berbagi Dokumen dengan Google Drive
·
Bagian 3: Jelajahi Conferencing dan Web Rapat
B. Menyediakan Sumber Daya dalam
Jaringan
1. Jaringan dari Berbagai Ukuran
Internet adalah jaringan terbesar di keberadaan.
Bahkan istilah internet berarti 'jaringan dari jaringan'. Internet secara
kumpulan jaringan publik dan hubungan hubungan, seperti yang di atas. Bisnis,
jaringan kantor kecil, dan bahkan jaringan rumah biasanya menyediakan koneksi
bersama ke Internet.
2. Klien dan Server
Semua
komputer yang terhubung ke jaringan yang secara langsung dalam jaringan
komunikasi diklasifikasikan sebagai host atau perangkat akhir. Tuan rumah dapat
mengirim dan menerima pesan jaringan. Dalam jaringan modern, perangkat akhir
dapat bertindak sebagai klien, server, atau merusak. Perangkat lunak yang
diinstal pada komputer menentukan peran memainkan komputer.
3. Klien dan Server
Sebuah komputer juga dapat menjalankan
beberapa jenis perangkat lunak klien. Harus ada perangkat lunak klien untuk
setiap layanan yang diperlukan. Dengan beberapa klien diinstal, host dapat
terhubung ke beberapa server pada saat yang sama. Misalnya, pengguna dapat
memeriksa email dan melihat halaman web sementara pesan instan dan mendengarkan
radio Internet.
4. Peer-to-Peer
Perangkat
lunak server dan klien biasanya dijalankan pada komputer yang terpisah, tetapi
juga mendukung satu komputer untuk menjalankan kedua peran pada waktu yang
sama. Dalam usaha kecil dan rumah-rumah, banyak komputer yang berfungsi sebagai
server dan klien pada jaringan. jaringan jenis ini disebut jaringan
peer-to-peer.
C. LAN,WAN dan INTERNET
1. Komponen Jaringan
Jalan
pesan yang mengambil dari sumber ke tujuan dapat sebagai sederhana sebagai
kabel tunggal yang terhubung satu komputer ke komputer lain atau serumit
jaringan yang mencakup seluruh dunia. infrastruktur jaringan ini adalah
platform yang mendukung jaringan. Ini menyediakan saluran yang stabil dan dapat
diandalkan di mana komunikasi kita dapat terjadi.
Infrastruktur
jaringan berisi tiga kategori komponen jaringan:
Perangkat
·
Media
·
Jasa
2. LAN dan WAN
Metropolitan
Area Network (MAN) - Sebuah infrastruktur jaringan yang mencakup area fisik
lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (misalnya, sebuah kota). MAN
biasanya dikelola oleh entitas tunggal seperti organisasi besar.
Wireless
LAN (WLAN) - Mirip dengan LAN tapi tanpa kabel interkoneksi pengguna dan titik
akhir di wilayah geografis yang kecil.
Storage Area Network (SAN) - Sebuah
infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung file server dan
menyediakan penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi. Ini melibatkan server
high-end, beberapa array disk (disebut blok), dan teknologi interkoneksi Fiber
Channel.
D. Jaringan sebagai Platform
1. Jaringan Konvergen
Kemajuan
teknologi yang memungkinkan kita untuk mengkonsolidasikan berbagai jenis
jaringan ke satu platform disebut sebagai "jaringan konvergensi".
Tidak seperti jaringan yang terhubung, konvergensi jaringan yang mampu
memberikan suara, aliran video, teks, dan grafis antara berbagai jenis
perangkat komunikasi dan jaringan struktur yang sama.
2. Lab-Pemetaan Internet
Pada
lab, Anda akan menyelesaikan tujuan sebagai berikut:
·
Bagian 1: Uji Jaringan Konektivitas Menggunakan Ping
·
Bagian 2: Trace Route ke Remote Server Menggunakan Windows Tracert
·
Bagian 3: Trace Route ke Remote Server Menggunakan Alat Bantu Perangkat Lunak dan Berbasis Web
·
Bagian 4: Hasil Traceroute Bandingkan
E. The Changing Network
1. Tren Baru
Ini telah benar-benar mengubah cara
individu dan organisasi komunikasi. Misalnya, sebelum Internet menjadi begitu
banyak tersedia, organisasi dan usaha kecil sebagian besar pada pemasaran cetak
untuk membuat konsumen menyadari produk mereka.
.2 BYOD
Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD)
BYOD adalah tentang pengguna akhir
memiliki kebebasan untuk menggunakan alat untuk mengakses informasi dan
komunikasi di jaringan bisnis atau kampus.
F Ringkasan
1 Kegiatan Kelas-Gambar Konsep Internet
Anda Sekarang
Dalam gambar direvisi Anda, Anda mungkin
ingin memasukkan beberapa hal sebagai berikut:
· WAN
· LAN
· Komputasi awan
· Penyedia Layanan Internet (tingkatan)
Comments
Post a Comment